Sabtu, 15 September 2012

Cara Memasang Wallpaper Bergerak di Desktop Windows 7 dengan DreamScene

wallpaper bergerak world-of-programmer.blogspot.com
Pernahkah kalian melihat wallpaper yang bergerak di desktop kalian? Misalkan ada gambar wallpaper seperti disammping dimana air terjun ada animasinya seperti air terjun asli. Atau misalkan terdapat banyak pohon sakura. Lalu terdapat animasi bergerak yang menunjukkan bunga sakura berguguran. Tentunya desktop kita terlihat lebih indah bukan dan akan membuat orang di sebelah anda terpesona. :D



Sekarang kalian bisa melakukan itu semua di OS Windows 7 kalian. Pertama kalian membutuhkan aplikasi agar desktop kalian bisa menjalankan file .wmv sebagai wallpaper. Untuk itu kalian butuh suatu file aplikasi yaitu Windows 7 DreamScene Enabled. Download pada link dibawah ini:


Download Windows7 - DreamScene Enabled.


Setelah kalian selesai mendownload Windows7 DreamScene Enabled, jalankan file tersebut, usahakan agar menjalankannya sebagai Administrator caranya klik kanan file tersebut dan pilih run as administrator. Tunggu beberapa saat jika sudah, kalian mulai bisa menggunakan file .mwv sebagai wallpaper. Tapi jika kalian belum mempunyainya, kalian bisa mendapatkannya di situs

DreamScene.org secara gratis.

Untuk mulai memutar video kesukaan Anda sebagai DreamScene, ikuti petunjuk berikut:

1. Klik kanan pada file video apapun yang berekstensi .wmv atau .mpg. Video ini bebas dapat berupa film, trailer film, ataupun video khusus DreamScene yang cantik berdurasi pendek yang dapat diambil dari situs berikut:
http://www.dreamsceneseven.com/animatedwallpapers.htm
http://www.dreamscene.org/gallery.php

http://browse.deviantart.com/customization/?q=dreamscene

Untuk format video selain itu, seperti .avi, .mov, atau .mkv, Anda perlu menambahkan ekstensi .wmv atau .mpg pada video tersebut. Misalnya video yang diinginkan bernama “trailer.mov” maka tambah ekstensinya dengan .wmv atau .mpg menjadi “trailer.mov.wmv” atau “trailer.mov.mpg“. Pastikan sebelumnya Anda dapat memutar video tersebut pada Windows Media Player. Jika tidak dapat diputar, maka Anda perlu meng-install codec-nya terlebih dulu, contohnya dengan K-Lite Mega Codec Pack.
2. Pilih “Set as Desktop Background”.
Untuk menghentikan video yang sedang diputar, ikuti petunjuk berikut:

1. Klik kanan pada Desktop.

2. Klik Pause DreamScene.

Apabila video yang Anda mainkan mempunyai suara dan ternyata setelah dipasang sebagai DreamScene suaranya tidak keluar, maka berikut tips untuk mengaktifkan suaranya:

1. Klik kanan pada video file apapun yang memiliki suara dan pilih “Set as Desktop Background”.

2. Klik pada ikon suara pada system tray.

3. Klik Mixer.
4. Klik ikon suara di bawah Windows DreamScene. Sekarang suaranya akan diputar bersama video.
Ada beberapa hal yang perlu dicatat mengenai DreamScene:

1. DreamScene hanya dapat memutar format video yang berekstensi .mpg dan .wmv.

2. Jika muncul pesan error “Windows DreamScene can’t run as your desktop is now configured”, ini disebabkan Anda belum memberi tik pada opsi “Show translucent selection rectangle” pada Advanced System Settings -> Performance -> Settings.

3. Jika muncul pesan error “Windows DreamScene cannot run because the computer is currently using more than one video adapter”, ini disebabkan Anda menggunakan lebih dari satu kartu grafis (GPU).

Apabila setelah Anda memutar video untuk DreamScene, ternyata pada desktop semua ikon label menjadi transparan dan tak terlihat, berikut saya berikan trik untuk mengakalinya agar menjadi jelas kembali:

1. Klik kanan pada desktop, pilih Personalize.

2. Pada bagian Aero Theme, klik Windows 7 . Tunggu beberapa saat, dan background desktop akan kembali kepada wallpaper semula.

3. Pilih video yang Anda inginkan sebagai DreamScene kembali. Teks ikon pada desktop akan tetap terlihat berwarna putih.

Metode alternatif apabila cara yang barusan dilakukan tidak berhasil:

1. Klik kanan pada desktop, pilih Personalize.
2. Lihat pada bagian Desktop Background pada paling bawah.
3. Pada menu Picture Position, pilih “Fill“.
4. Klik tombol “Save Changes“. Tunggu beberapa saat, dan background desktop akan kembali kepada wallpaper default.

5. Pilih video yang Anda inginkan sebagai DreamScene kembali. Teks ikon pada desktop akan tetap terlihat berwarna putih.

Selesai. Apabila ada kesulitan silakan berikan komentar di bawah. :D



Selamat mencoba. Semoga tips dan trik ini berguna.

Salam Fariszie,Blogger KAL-SEL.

3 komentar:

Adhe Pras mengatakan...

mantab gan thank's atas infonya...

m ari mengatakan...

mantaaaap

gedhey aliasdodots mengatakan...

ijinn copassss gan,,, thanks

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes